Berikut
tips dan trik yang kami dapatkan dari : Solution Center Accurate
(solutioncenter.wordpress.com)
Saat buka database gdb di ACCURATE muncul konfirmasi,
“SERVER NOT READY
Please ensure that your firebird on server LOCALHOST can
listen on port 3051
Your computer may be behind firewall
Firebird not started yet”
Disini ada 2 kemungkinan yang menyebabkan munculnya
konfirmasi tsb :
1.
Firebird
tidak running
2.
Jaringan(Network
client ke Server)
1.
Firebird
tidak running
Firebird yang
adalah database yang digunakan ACCURATE harus terinstall dan running statusnya
di komputer tempat file data .gdb disimpan(komputer server). Untuk itu kita
bisa cek ke komputer tempat data GDB disimpan ke Start | Control Panel
| Administrative Tools | Services, cari Firebird pastikan statusnya Started.
Jika tidak
ditemukan Firebird di Services, kemungkinan Firebird belum terinstall, install
Firebird terlebih dahulu menggunakan Installer(file Setup) ACCURATE dengan
memastikan option Server tercentang saat penginstallan.
Setelah itu coba buka data kembali.
2.
Jaringan(Network
Client ke Server)
Setelah
memastikan Firebird Running di komputer Server tapi saat buka
data masih muncul pesan “Server not Ready”, hal yang perlu diketahui Terjadi
di komputer mana? Berikut ini beberapa kemungkinan dan cara
pengecekannya :
·
Server
bisa buka, tapi semua Client yang mau buka data ke komputer Server dengan
cara Remote tidak bisa.
Pastikan saat
buka secara Remote dari komputer Client untuk Server Name kita
sudah isi dengan IPAddress komputer Server yang benar. Cara
mengetahui berapa IPAddress komputer server, di komputer tempat data yang akan dibuka(server)
lakukan IPConfig ,Start|Run, ketikkan cmd lalu enter,
ditampilan CPrompt ketikkan ipconfig lalu
enter, akan diinformasikan berapa nomor IPAddress komputer server tsb, jika
ternyata tadi waktu buka data salah IPAddress nya, silahkan dicoba lagi buka
data dengan IPAddress server yang seharusnya.
Untuk pengetikkan alamat data .gdb saat kita remote dari
Client ke Server, cara pengetikkannya seperti kalau kita di komputer local
server, jadi kalau data ada di drive C server maka kita langsung ketikkan
C:\dstnya..gdb. Jadi tidak perlu melakukan mapping drive atau folder tempat
data, karena kita tidak bisa menggunakan hasil mapping tsb.
Jika sudah
mengettikan IPAddress dan alamat yang benar masih muncul konfirmasi yang sama,
dari komputer Server kita ke Start | Control Panel | Windows Firewall,
pastikan disana kita pilih OFF, lalu coba buka data kembali. Jika
berhasil buka data dan kita mau Windows Firewall kondisinya ON.
·
Server
dan beberapa Client bisa buka, tapi hanya Client tertentu saja tidak bisa buka.
Jika hanya client tertentu saja yang tidak bisa buka data
dengan konfirmasi Server not Ready, pastikan waktu buka data untuk pengetikkan
IPAddress Server dan Alamat data sudah sama caranya seperti komputer client
yang lainnya. Untuk mengetahui IPAddress server dan alamat yang sudah dibuka
komputer Client yang lainnya, kita bisa lihat tampilan komputer Client yang
lain yang sudah berhasil buka data, dibagian paling atas tampilan ACCURATE
terdapat informasi Remote nya ke IP berapa dan berikut alamat file gdb nya.
Selain itu
pastikan koneksi jaringan komputer client yang tidak bisa buka data ini sudah
terhubung dengan baik, cara pengecekkannya kita ping ke komputer
Server dari komputer Client tsb ke Start | Run, ketikkan cmd lalu
enter, ditampilan cPrompt ketikan ping ipaddress
server, contohnya ping 192.168.1.10 lalu enter, pastikan
konfirmasinya adalah Reply. Kalau konfirmasi yang keluar Request
Time Outsilahkan di cek kembali koneksi jaringan komputer client tsb, misal
kable LAN yang colok ke PC atau ke HUB ada longgar bisa coba di cabut colok
kembali. Jika ping sudah Reply seharusnya waktu buka data dengan IP dan alamat
data di server yang benar sudah bisa buka data.
Server(komputer tempat data) sendiri buka tidak bisa dan
semua komputer Client juga jadi tidak bisa buka data.
Selain pastikan Firebird statusnya sudah running, lakukan
langkah berikut :
1.
Dissable/matikan
antivirus yang running di komputer server atau kalau perlu di uninstall bersih
dulu antivirus yang ada di server, lalu coba buka data kembali. Hal ini
dilakukan barangkali ada Firewall bawaan dari Antivirus yang memblok Port yang
digunakan ACCURATE yaitu port 3051 dan 3052. Jika tahu cara buat exception di
antivirus tsb silahkan buka permission untuk port tsb.
2.
Pastikan
IPAddress di komputer server sudah di setting. Bisa di cek dengan cara ping
localhost dari cPrompt, dan kalau kita ketikkan ipconfig di cprompt
tsb informasi IPAddress nya keluar.
Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE versi
4 , jasa training Accurate yang Professional bagi perusahaan anda?
atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE
Segera Hubungi :
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com
Segera Hubungi :
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com
http://www.softwareaccurate.com