Thursday, April 19, 2012

Input Pembiayaan Pesanan 2 Tahap


 
Apa kabar pembaca setia tips dan tirk Accurate…??
Akhir-akhir ini saya sibuk melakukan implementasi pada berbagai perusahaan, tapi tidak lupa saya berbagi kasus pada pembaca sekalian. Berikut kasus yang dialami salah satu perusahaan.
Ada pertanyaan s bagaimana untuk mencatat pembiayaan pesanan dari “bahan baku ( bahan mentah )” menjadi “barang setengah jadi” , Setelah dari “barang setengah jadi” ini selesai dibuat, maka akan di Job Costing sekali lagi menjadi “Barang Jadi”



Langkah langkah yang dilakukan adalah :
  1. Membuat Jenis Akun persedian dalam proses di dalam daftar akun , terserah ini akan di pecah menjadi dua atau satu akun saja , seandainya dibuat menjadi 2 jenis akun maka dibuat di dafar akun , Caranya adalah :
  1. Daftar
  2. Daftar akun
  3. Klik Baru , lalu tipe akun dibuat “Tipe persediaan”
  4. Lalu di buat misalnya “Persediaan dalam prosess tahap I” ini untuk akun penampung dari “barang baku” menjadi “barang setengah jadi”
  5. Lalu di buat juga “ Persediaan dalam proses tahap II” ini untuk penampung dari “barang setengah jadi” untuk manjadi “barang jadi”

  1. Setelah langkah ini selesai maka langkah berikutnya adalah membuat penyelesaian barang dari “barang baku” menjadi “barang setengah jadi”, Caranya adalah :
A . Aktivitas
B. Pembiayaan Pesanan
C. Tampung Job Costing Akun nya ke dalam “ Persediaan dalam prosess tahap I”
D. Lalu Input produk bahan baku nya apa saja yang terpakai
E. Setalah Selesai maka di Simpan
F. Lalu Setelah itu ke Aktivitas
G. Pembiayaan Pesanan
H. Roll Over , Dibuat pilih ke item/ barang ini akan menjadi “barang setengah jadi”

Catatan : Maka barang baku jadi berkurang stok nya satu dan barang setengah jadi bertambah satu , dari hasil penginputan yang tadi yang terjadi adalah :

Persediaan dalam proses tahap I                          XXX                
                         Persediaan Barang baku                       XXX

Pada saat Roll over jurnalnya adalah :

Persediaan Barang setengah jadi                            XXX
                         Persediaan dalam proses tahap I              XXX

Setelah barang setengah jadi selesai di produksi maka langkah selanjutnya adalah membuat barang jadi. Langkah – langkah nya sama dengan cara yang telah di buat pada langkah di atas Cuma bedanya adalah Job costing akunnya di ubah ke “ Persediaan dalam prosess Tahap II” serta waktu input pembiayaan pesanannya dibuat ke dalam “barang setengah jadi” dan sewaktu roll over dibuat ke dalam “barang jadi “

Jurnal yang terjadi dari proses yang kedua adalah :

Persediaan dalam proses tahap II                            XXX
              Persediaan barang setengah jadi                          XXX

Persediaan Barang jadi                                           XXX
              Persediaan dalam proses tahap II                       XXX

Semoga informasi ini dapat membantu para pembaca yang memiliki kasus yang sama



Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com